Kamis, 24 November 2016

Soal UTS Pemrograman Bergerak

  1. Dalam instruksi sebuah komputer, umumnya menggunakan RISC dan CISC
    a. Apa perbedaan kedua daftar instruksi tersebut
        - RISC singkatan dari Reduced Instruction Set Computer. Merupakan bagian dari arsitektur mikroprosessor, berbentuk kecil dan berfungsi untuk negeset istruksi dalam komunikasi diantara arsitektur yang lainnya.
        - Complex Instruction Set Computing (CISC) atau kumpulan instruksi komputasi kompleks. Adalah suatu arsitektur komputer dimana setiap instruksi akan menjalankan beberapa operasi tingkat rendah, seperti pengambilan dari memori (load), operasi aritmatika, dan penyimpanan ke dalam memori (store) yang saling bekerja sama.

    Perbedaan RISC dengan CISC dilihat dari segi instruksinya :
    RISC ( Reduced Instruction Set Computer )
    - Menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor
    - Instruksi sederhana bahkan single
    - Load / Store atau memory ke memory bekerja terpisah
    - Ukuran kode besar dan kecapatan lebih tinggi
    - Transistor didalamnya lebih untuk meregister memori

    CISC ( Complex Instruction Set Computer )
    - Lebih menekankan pada perangkat keras, sesuai dengan takdirnya untuk pragramer.
    - Memiliki instruksi komplek. Load / Store atau Memori ke Memori bekerjasama
    - Memiliki ukuran kode yang kecil dan kecepatan yang rendah.
    - Transistor di dalamnya digunakan untuk menyimpan instruksi – instruksi bersifat komplek.

    b. Jelaskan kelebihan dan kekurangan daftar instruksi RISC dan CISC
        Kelebihan
        - Berkaitan dengan penyederhanaan kompiler, dimana tugas pembuat kompiler untuk menghasilkan rangkaian instruksi mesin bagi semua pernyataan HLL. Instruksi mesin yang kompleks seringkali sulit digunakan karena kompiler harus menemukan kasus-kasus yang sesuai dengan konsepnya. Pekerjaan mengoptimalkan kode yang dihasilkan untuk meminimalkan ukuran kode, mengurangi hitungan eksekusi instruksi, dan meningkatkan pipelining jauh lebih mudah apabila menggunakan RISC dibanding menggunakan CISC.
        - Arsitektur RISC yang mendasari PowerPC memiliki kecenderungan lebih menekankan pada referensi register dibanding referensi memori, dan referensi register memerlukan bit yang lebih sedikit sehingga memiliki akses eksekusi instruksi lebih cepat.
        - Kecenderungan operasi register ke register akan lebih menyederhanakan set instruksi dan menyederhanakan unit kontrol serta pengoptimasian register akan menyebabkan operand-operand yang sering diakses akan tetap berada dipenyimpan berkecepatan tinggi.
        - Penggunaan mode pengalamatan dan format instruksi yang lebih sederhana.

    Kekurangan
        - Program yang dihasilkan dalam bahasa simbolik akan lebih panjang (instruksinya lebih banyak).
        - Program berukuran lebih besar sehingga membutuhkan memori yang lebih banyak, ini tentunya kurang menghemat sumber daya.
        - Program yang berukuran lebih besar akan menyebabkan menurunnya kinerja, yaitu instruksi yang lebih banyak artinya akan lebih banyak byte-byte instruksi yang harus diambil.
        - Pada lingkungan paging akan menyebabkan kemungkinan terjadinya page fault lebih besar.

    c. Instruksi apa yang digunakan dalam pemrograman bergerak, yaitu instruksi RISC dan CISC

    d. Alasan mengapa menggunakan daftar instruksi tersebut, karena menekankan pada perangkat lunak, dengan sedikit transistor serta mengoptimalkan kode yang dihasilkan untuk meminimalkan kode.
  2. Android adalah software yang umumnya dipergunakan dalam perangkat bergerak
    a. Jelaskan penamaan versi perangkat lunak Android
        - Android Apple Pie
        - Android Banana Bread
        - Android  Cupcake 1.5
        - Android  Donut 1.6
        - Android  Eclair 2.0/2.1
        - Android Froyo  2.2
        - Android  Gingerbread 2.3
        - Android Honeycomb 3.0
        - Android Ice Cream Sandwich
        - Android  Jelly Bean 4.1
        - Android KitKat 4.4
        - Android Lolipop 5.0
        - Android Marshmallow 6.0
        - Android Nougat

    b. Apa nama versi terbaru perangkat lunak Android saat ini
        - Android Lolipop 5.0
        - Android Marshmallow 6.0
        - Android Nougat

    c. Berikan penjelasan bagian-bagian dari perangkat lunak Android
        - Framework aplikasi yang memungkinkan pemakaian ulang dan penggantian dari komponen
        - SQLite untuk menyimpan data terstruktur
        - Graphic teroptimisasi yang didukung dengan suatu library grafis 2D dan 3D

    d. Sistem operasi apa yang dipergunakan perangkat lunak Android adalah Linux
  3. Jika saat pembuatan suatu Android Project ditentukan Build Target adalah 2.3.3. Pada perangkat Android apa saja, aplikasi ini akan bisa dijalankan? Jelaskan!
    - Android  Gingerbread 2.3
    - Android Honeycomb 3.0
    - Android Ice Cream Sandwich
    - Android  Jelly Bean 4.1
    - Android KitKat 4.4

    Karena pada saat pembuatan suatu Android Project ditentukan Build Target adalah 2.3.3.
  4. Salah satu hal penting dalam pemrograman perangkat bergerak adalah pembuatan Resource. Jelaskan struktur folder yang ada pada Resource!
    - Folder drawable-hdpi, tempat menyimpan file beresolusi tinggi
    Folder drawable-idpi, tempat menyimpan file beresolusi rendah
    Folder drawable-mdpi, tempat menyimpan file beresolusi sedang
    Folder layout, letak file-file .xml yang mendefinisikan tampilan user interface
    Folder values, berisi file-file pendefinisian sebuah variabel sederhana
  5. Jelaskan hal yang berkaitan dengan pembuatan Layout dalam pemrograman perangkat bergerak, seperti tujuan, penyimpanan folder, format file, setting, dan pembuatan!
    - Layout merupakan salah satu resource yang digunakan untuk mendefinisikan antarmuka suaty activity
    - Suatu file Layout ditempatkan pada folder /res/layout/namafile.xml
    - Suatu Layout dinyatakan dalam format XML
    - Setting layout, yaitu
    /** Called when the activity is first created. */
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
    super.onCreate(savedInstanceState);
    setContentView(R.layout.segitiga);
    }

    - Pembuatannya adalah Klik kanan pada folder layout, dan pilih New, dan pilih Android XML File
  6. Berkaitan dengan keadaan Activity dalam pemrograman perangkat bergerak. Jawablah dengan singkat dan tepat beberapa pertanyaan berikut :
    a. Activity yang telah dibuang dari memori, maka jika diaktifkan harus mulai dari awal kembali.
    b. Ketika Activity tidak visible dan berada dibawah Activity lain, maka Activity tersebut berada pada kondisi Pause.
    c. Suatu Activity berada pada tumpukan teratas, maka Activity tersebut berada pada kondisi Running
    d. Kondisi stop yang menjadi penyebab suatu Activity, sistem dapat membuang Activity tersebut dari memori dengan meminta dia untuk selesai, atau dengan membuangnya dari memori, ketika dia ditampilkan kembali ke user, dia harus benar-benar mulai dari awal dan mengembalikan dirinya ke state sebelumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar